Manajemen Pendidikan

Mata kuliah Manajemen Pendidikan di Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiah Sumatera Utara (UMSU) merupakan mata kuliah baru bagi mahasiswa angkatan 2015/2016.

Mata kuliah Manajemen Pendidikan mengajarkan tentang konsep dasar dan manajemen pendidikan. Membahas ruang lingkup tugas Manajepen Pendidikan (Manajemen Sekolah) meliputi pengelolaan peserta didik, pengelolaan tenaga pendidik dan Kependidikan, Pengelolaan Keuangan, Pengelolaan Sarana dan Prasarna, Pengelolaan Humas, Pengelolaan Layanan Khusus dan Pengelolaan Kurikulum dan Pembelajaran.Selain itu, mata kuliah ini juga membahas tentang Kepemimpinan Pendidikan dan Manajemen Berbasis Sekolah.

Manfaat dari Mata Kuliah Manajemen Pendidikan, mahasiswa dapat mengetahui memahami konsep dasar manajemen pendidikan baik teori maupun praktek. Mahasiswa mampu mengaplikasikan prinsip-prinsip manajemen pendidikan di sekolah dan diharapkan mahasiswa mampu memberikan kontribusi perbaikan mutu pendidikan setelah mempelajari mata kuliah Manajemen Pendidikan.

Dalam pembelajaran mata kuliah Manajemen Pendidikan dengan bobot 3 SKS. Maka dilakukan secara langsung maupun tidak langsung. Sifatnya in door maupun out door dengan penggunaan metode, ceramah, diskusi, presentase, tanya jawab, debat. Agar mahasiswa benar-benar memahami Manajemen Pendidikan di sekolah diadakan outing class untuk melakukan observasi ke sekolah. Dalam observasi digunakan metode field work maupun Project Based Learning. Sehingga mahasiswa mendapatkan pemahaman mata kuliah Manajemen Pendidikan tidak hanya dari dosen tetapi juga dari pelakunya langsung di sekolah.

Pembelajaran tidak langsung dilakukan dengan memberikan tugas kepada mahasiswa. Tugas terdiri dari individu dan tugas kelompok. Tugas invidu dengan membuat makalah atau tulisan opini berhubungan dengan Manajemen Pendidikan di Indonesia dan solusi perbaikan. Tugas tersebut nantinya dikirim ke media massa atau dipublish melalui website masing-masing mahasiswa . Tugas pribadi lainnya meresensi dua buku manajemen pendidikan. Sedangkan tugas kelompok dengan membuat laporan hasil observasi kunjungan ke sekolah. Tugas dikumpul melalui program edmodo.

Tugas yang diberikan sebagai wahana untuk melatih kemampuan interpersonal dan kemampuan akademik mahasiswa sehingga diharapkan nantinya mahasiswa memiliki kemampuan professional di bidang manajemen mahasiswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Name *
Email *
Website