panduan-tugas

INFORMASI TERKINI DAN PANDUAN TUGAS KELOMPOK

panduan-tugasBeberapa hari ini, mahasiswa disibukkan dengan tugas yang begitu menumpuk. Beragam perasaan tentunya dialami. Tetapi, demi menuntut ilmu dan menjadi orang lebih baik, maka tugas-tugas memang harus dilaksanakan sebagai bentuk pertanggungjawaban dan salah satu tuntutan hasil belajar menurut Unesco dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang diterbitkan tim Pengembangan MKDP Kurikulum dan Pembelajaran UPI. Salah satu hasil belajar  yakni Menjadi diri sendiri dan bertanggungjawab sebagai manusia (learning to be). 

UMSU memiliki kebijakan baru dalam penilaian. Menerapkan kurikulum KKNI, berimbas pada sistem penilainnya yang kini berubah, yakni menggunakan Penilaian Proses Pembelajaran Kurikulum SN- DIKTI UMSU. Usai mengikuti sosialisasinya, ternyata saya mendapat beragama informasi dan tentunya harus saya bagi. Meskipun belum lengkap, tetapi informasi ini penting untuk diketahui mahasiswa.

  1. Dalam belajar mahasiswa setiap satu SKS 170 menit. Artinya, 50 menit belajar di kelas, dan 120 menit belajar di luar kelas. Aktivitas yang dilakukan yakni melaksanakan tugas terstruktur dan tugas mandiri. Tugas terstruktur berupa seperti tugas report, materi report, jurnal report dan mini reasearch. Sedangkan tugas mandiri yakni, tugas report dan materi report. Materi report bisa berupa bagaimana penguasaan materi pelajaran dan untuk mengetahui penguasaan bisa dengan latihan atau kuis.
  2. Dalam penilaian, akan ada penilaian kehadiran yang diisi dosen melalui fom kehadiran, penilaian attitude dimana nantinya yang dinilai adalah kedisiplinan, penampilan, kesantuan, kemampuan bekerjasama, kemampuan berkomunikasi, komitmen, keteladanan, semangat, empati dan tanggungjawab.
  3. Semua penilaian ini nantinya akan dihitung dan secara otomatis akan diketahui hasil dalam form yang dibuat berbentuk program excel.

Mendapat sosialisasi ini saya berharap agar mahasiswa benar-benar memahami, bahwa untuk menjadi lebih baik ke depan dan lulusan yang siap bersaing dirasa benar-benar belajar keras dan tidak ada lagi kata ‘santai’.Prof Dr Yunahar Ilyas dalam sebuah ceramah di Kampus Pascasarjana UMSU saat Milad Muhammadiyah mengatakan, di luar negeri mahasiswa harus menyelesaikan 104 halaman buku per pekannya. Artinya, kita memang harus menjadi mahasiswa yang cerdas. Untuk itu, diharapkan kepada mahasiswa agar memahami dan mengikutinya. Semoga bisa lebih baik. Ini hanya sekadar info lebih lengkap bisa adik-adik mahasiswa lihat di website UMSU.

Terkait tugas Kelompok tentang materi kita yang membahas enam teori belajar, sebelumnya informasi sudah dikirim melalui program Edmodo dan diharapkan sudah dapat menerimanya dan mengerjakannya. Jika belum materi bisa diupload di sini;. Syukur Alhamdulillah, beberapa tugas yang dituntut dalam penilaian di atas sudah sebagian kita lakukan. Antara lain, melaksanakan tugas mandiri berupa mereview buku, melaksanakan pengataman/observasi dan wawancara terkait pembelajaran, kuis-kuis di kelas, dan tahap akhir tugas kelompok. Semoga apa yang kita rencanakan hasil bisa lebih baik dan Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Name *
Email *
Website