Penulis paling kanan bersama dosen-dosen UMSU foto bersama Om Jay

Guru Ngeblog, Dosen Harus Go Blog

Keseruan Workshop e-learning di Universitas Pembangunan Panca Budi
Keseruan Workshop e-learning di Universitas Pembangunan Panca Budi

Awalnya, saya mengenal Om Jay pemilik nama Wijaya Kesuma lewat buku yang dibeli dari Toko Buku Gramedia. Buku berjudul “Mengenal Penelitian Tindakan Kelas” itu diterbitkan oleh PT Indeks Jakarta. Penulisnya Wijaya Kusumah dan Dedi Dwitagama.

Buku itu saya beli karena memang di kampus saya bekerja Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMSU sedang menggalakkan riset terkait penelitian khususnya Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Cerita Om Jay juga saya perolah dari teman yang kebetulan pernah satu panggung dalam seminar soal TIK. Mas Namin biasa disapa. Melalui website, facebook dan Intagram beliau, saya lebih mengenal Om Jay lebih mendalam. Apalagi, setelah adik satu organisasi saya di Lembaga Pers Teropong UMSU, Kiki Ardiani Situmorang bercerita bahwa Om Jay akan menjadi pembicara pada Workshop E-Learning yang diselengarakan di Universitas Pembangunan Panca Budi-Medan. Kabar tersebut membuat saya dan teman-teman dosen senang. Saya pun semakin tertarik mengenal dari dekat narasumber yang namanya dan blognya sudah dikunjungi ratusan ribuan orang, tidak hanya dari Indonesia tetapi dari berbagai belahan dunia.

Ketika itu, saya pun membantu mencarikan peserta. Alhamdulillah, hampir 30 peserta dari UMSU itu mengikuti pelatihan. Dan hari bersejarah itu, tepat 18 Februari 2016. Saya benar-benar bersyukur bisa menyaksikan langsung dan belajar dari guru blog Indonesia itu menyampaikan materi. Penjelasan dibawakan dengan santai dan diselingi humor. Bahkan, peserta pun dibawa untuk benar-benar memanfaatkan gadget atau gawai tidak hanya saat pelatihan tetapi sesudah pelatihan. Hari itu, saya benar-benar mendapatkan ilmu yang bermanfaatkan terkait blog dari orang yang benar-benar berprestasi lewat blog. Berprestasi di tingkat nasional dan berkontribusi terhadap kehidupannya.

Om Jay mengajarkan bagaimana guru harus rajin menulis di blog karena memang pembelajaran abad 21 mengharuskan kita mendekatkan siswa lewat teknologi informasi dan komunikasi (TIK) salah satunya memanfaatkan blog yang gratisan atau juga membuat website sendiri.

Menurut guru bidang studi TIK di Labschool Jakarta, dengan rajin menulis di blog menambahkan kualitas diri bagi seorang guru dan berbagai ilmu dengan orang lain serta mendapat penghasilan lebih.

Penyampaian materi oleh Om Jay lebih kepada membuka pemikiran guru dan dosen bahwa blog bisa menjadi media pembelajaran yang tepat. Dirinya bahkan menceritakan ba­gaimana menulis di blog setiap hari bahkan saat sakit dirinya juga berkesempatan menulis. Tulisannya pun mendapatkan juara.

Penulis paling kanan bersama dosen-dosen UMSU foto bersama Om Jay
Penulis paling kanan bersama dosen-dosen UMSU foto bersama Om Jay

Penulis buku-buku best seller ini menegaskan semua itu bisa terlaksana dengan syarat, tekun dan komitmen yang kuat. Akibat ketekunan dan semangat serta cinta yang begitu tinggi terhadap pekerjaan menulis di blog. Membuat dirinya menjadi salah satu guru yang sosoknya diterbitkan di Koran Kompas. Dia menyampaikan mimpinya satu guru memiliki blog yang aktif dan harus dikelola dengan baik.

Dalam buku TIK: Menulis Blog untuk Pendidikan yang saya beli saat pelatiahn dan syukur ada tandatangan Om Jay. Beliau membagi kiat-kiat membangun blog pembelajaran. Ada beberapa yang harus diperhatikan dan disini penulis ingin bagikan yakni;

  1. Kemauan
  2. Kerja Keras
  3. Kerjas Cerdas
  4. Kerja Ikhlas
  5. Kerja Tuntas
  6. Koneksi
  7. Komitmen
  8. Konsisten
  9. Kreativitas
  10. Kontekstual
  11. Kredibel dan

Kedua belas tips tersebut disampaikan dalam bahasa yang santai. Untuk penjelasan penulis sarana agar membeli buku Om Jay ya!

Satu yang menarik dari pelatihan tersebut adalah perhatian Dinas Pendidikan Kota Medan. Meskipun tidak dihadiri Kadis Pendidikan Bapak Hasan Basri, MM, tetapi kehadiran Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas) Bapak Masrul Badri tidak mengurangi kesukesan acara.

Beliau yang dikenal sebagai sosok yang sangat perhatian terhadap komunitas-komunitas positif, mengimbau agar guru-guru harus bisa ber­adap­tasi dengan kemajuan zaman. Di mana saat ini kemajuan teknologi sudah sangat luar biasa.Anak-anak dekat dengan gadget dan selalu meng­gu­nakan in­ternet. Untuk itu, guru-guru juga harus lebih dari murid-muridnya, makanya pen­dalaman ten­tang teknologi infor­masi dan ko­muni­ka­si(TIK) sangat diper­lukan ka­rena sangat men­dukung pro­gram pe­me­rintah seperti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Ketua KOGTIK, Bambang Su­se­tyan­to, S.Kom mengaku sangat senang de­ngan banyak peserta yang mengikuti wor­kshop dia juga berkesempatan me­ngukuhkan pengurus KOGTIK Medan yakni, Ketua Sulistiono S.Kom, Wakil, Maranto Tua Halomoan, S.Kom, Sekjen Rizki Ardani Situmo­rang, dan bendahara Uswahtun Hasa­nah, SPd.

Worskho e-learning diisi dengan latiha mem­buat soal-soal pilihan berganda dengan moodle. Pemateri, Juli Dwi Susanti,MPd, dan Wiwin Sabayanti, SPd. Saat sesi pelatihan ini peserta sangat senang dan konsentrasi. Meskipun terasa agak sulit tetapi banyak peserta yang maju ke babak pembagian hadiah doorprize. Hasilnya, satu orang guru dari MTs Al Washliyah Tembung berhasil dan mendapat hadiah printer dari sponsor Epson.

Dosen Go Blog

            Workshop E-Learning yang diselenggarakan KOGTIK bekerjasama dengan sejumlah sponsor penulis nilai berlangsung sukses. Peserta dari pembukaan sampai selesai hampir tidak ada yang beranjak dari ruangan.  Bagi penulis, workshop ini sangat bermanfaat karena sebagai dosen harus benar-benar “Go Blog”. Artinya, dosen-dosen ke depan memang harus benar-benar memanfaatkan blog sebagai media pembelajaran. Go Blog artinya bagaimana memindahkan cara-cara tradisional dan manual ke cara-cara digital. Materi-materi pelajaran, soal-soal yang diberikan di kelas harus diubah dengan di upload ke blog. Sehingga pembelajaran bisa dilakukan kapan, dimana saja tidak terkekang oleh waktu.

            Dengan Go Blog ini tentunya mahasiswa bisa mengakses segala kebutuhan tentang materi kuliah dari blog atau website yang dikelola dosen. Tugas-tugas yang diberikan akan lebih mudah dipahami karena memang mahasiswa mempunyai banyak waktu untuk membaca dan tidak perlu banyak bertanya. Asalkan semua diberikan dengan panduan yang lengkap maka mahasiswa bisa mengerjakan soal-soal dengan baik.

            Melalui “Go Blog”, bagi penulis yang berprofesi sebagai dosen di Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (LPTK) mengajak yang bakal melahirkan calon guru. Maka, mahasiswa harus benar-benar menguasai teknologi dan informasi, tidak boleh ketinggalan karena nantinya mahasiswa yang berprofesi jadi guru dihadapkan dengan generasi yang sangat dengat dengan teknologi.

Jangan sampai gurunya tidak mengetahui blog. Apa yang penulis lakukan bersama teman-teman di UMSU salah satunya bagaimana semua tugas-tugas mahasiswa mulai dari artikel ilmiah, penulis critical book review, dan penulisan jurnal sudah dipindahkan ke blog. Manfaatnya, tulisan mahasiswa yang biasanya dalam bentuk makalah dan disimpan dalam laci kini berekspansi ke dunia nyata yang bisa dinikmati. Penulis dan beberapa teman di UMSU juga mengkolaborasi terkait blog dengan edmodo sebagai bentuk implementasi kelas nyata ke kelas virtual. Sekadar info saja!

            Bagi penulis pelatihan e-learning menambah wawasan, dan tentunya menambah koneksi sesuai tuntutan Pembelajaran Saentifik bahwa pembelajarna harus mampu membangun koneksi. Bertemu dengan Om Jay adalah kesyukuran yang sangat luar biasa yang penulis ucapan. Koneksi atau dalam bahasa lain disebut silaturahmi tentunya tidak hanya dalam pelatihan e-learning semalam saja. Mudah-mudahan dalam kesempatan lain penulis bisa bertemu dengan para narasumber yang sangar luar biasa sepak terjangnya.

Mungkin demikian saja tulisan saya terkait liputan pada kegiatan workshop e-learning. Mohon maaf jika dalam peliputan tersebut sedikit diisi dengan ‘narsis’ tentang kegiatan penulis yang memang sebelumnya sudah mengenalkan blog bagi mahasiswa UMSU dan membuat pelatihan blog bagi dosen di FKIP dan Fakultas Ekonomi UMSU. Mudah-mudahan pada kesempatan ke depan bisa bisa mengundang Om Jay dan kawan-kawan ke kampus kamis UMSU. Semoga!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Name *
Email *
Website