UMSU

INFO PENTING: KONTRAK KULIAH DAN TUGAS-TUGAS SELAMA SATU SEMESTER

Bissmillahhirrahmanirrahim.

Mengawali  tulisan ini. Saya ucapkan puji syukur alhamdulillah setulus-tulusnya hanya karena Allah SWT. Atas berbagai limpahan rahmat dan karunianya kepada kita semua. Shalawat dan salam kiranya senantiasa tercurah kepada Rasullah Muhammad SAW, para keluarga, sahabat dan seluruh umatnya yang taat mengikuti tuntutan keimanan dalam mengharungi bahtera kehidupan ini.

Pada kesempata ini saya sebagai dosen pengampuh mata kuliah “Manajemen Pendidikan” dari lubuk hati yang dalam menyampaikan terimakasih kepada mahasiswa yang terus bersemangat untuk belajar, menimbah ilmu demi meraih kesuksesan di masa mendatang. Membaca satu tagline di baju kaos OSIS SMA Sutomo Medan bahwa “A Goal Without A Plan Is Just A Wish”.  Hal ini sangat terkait dengan mata kuliah Manajemen Pendidikan, di mana semua tokoh manajemen sepakat bahwa fungsi manajemen pertama adalah Plan (Perencanaan), fungsi lain, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan.

Maka, untuk memudahkan pelaksanaan mata kuliah Manajemen Pendidikan. Dibuat perencanaan selama satu semester dimana pembelajaran dilaksanakan langsung dan tidak langsung. Pembelajaran secara langsung dilakukan dengan tatap muka di kelas menggunakan sejumlah metode, ceramah, tanya jawab, diskusi, jigsaw, snowball, fish bowl, debat, pembelajaran berbasis masalah, observasi ke sekolah, dan sebagainya. Sementara pembelajaran tidak langsung melalui Tugas Terstruktur (TR) dan Tugas Mandiri (TM). Pemberian tugas kepada mahasiswa bertujuan untuk mengukur tingkat perkembangan mahasiswa dalam memahamid an menyerap materi perkuliahan.

Agar memudahkan pemahaman materi, dan pengerjaan tugas di sini saya melaksanakan fungsi pengarahan. Agar tugas-tugas yang diberikan bisa dikerjakan sesuai dengan target waktu yang direncanakan. Berikut ini saya lampirkan;

  1. Rencana Pembelajaran Semester (RPS); Silahkan klik di sini.
  2. Kontra Kuliah dan Tugas-tugas selama satu semester; Silahkan klik di sini.
  3. Penjelasan TTM, Tugas Terstruktur dan Tugas Mandiri. Silahkan klik di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Name *
Email *
Website