IMG-20170405-WA0001

66 Sekolah Ikut Bimtek Jurnalistik

gambar3Sebanyak 66 sekolah menengah pertama (SMP) se Kota Medan mengikuti Bimbingan Teknis Jurnalistik yang digelar Dinas Pendidikan Kota Medan, Selasa-Rabu (4-5/4) di Hotel Anayah, Jalan Abdullah Lubis Medan.

Acara Bimtek dibuka Kadis Pendidikan diwakili Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Masrul Badri. Di hari kedua, selain teori peserta dijuga diajarkan praktek wawancara dropstop dengan narasumber ‘walikota Medan’, ‘Gubsu’, ‘Artis Syahrini’ dan ‘Menteri Pendidikan’, ‘Ketua OSIS’ dan ‘Kepala Sekolah’ yang semua diperan oleh siswa.

Praktek wawancara dropstop sebagai implementasi materi “Nilai, Kreativitas dan Orisinalitas Berita’ mendapat perhatian serius para siswa. Mereka bahkan berebut untuk mewawancarai tokoh. Hasil wawancara nantinya akan dibuat berita yang menarik dan hasilnya diserhakan ke Dinas Pendidikan Kota Medan untuk dinilai.

gambar1

Seorang siswa dari SMP Negeri 3 Medan, Azriel SR Manihuruk mengaku senang mengikuti pelatihan ini. Apalagi, dalam praktek tersebut menjadi  kepala daerah yang memang menjadi cita-cita. “Saya senang sekali bisa memerangkan kepala daerah. Dari praktek tersebut bisa menjadi pelajaran ternyata kepala daerah tidak lepas dari wartawan. Ini bisa membantu kerja saya ke depan,” ucap Aziel yang kini duduk di kelas VIII-A.

Gambar2

Layla Zura, kelas VII dari SMP Wahidin Medan mengaku sangat senang dan tertarik karena banyak kegiatan terus menambah ilmu jurnalistik. “Di sekolah kami sudah ada majalah dinding (madin), tetapi masih banyak gambar. Dari pelatihan ini nanti akan diisi berita-berita,” kata remaja hitam manis berkacamata ini.

Redaktur Minggu Harian Analisa, Muhammad Arifin, MPd mengatakan sangat mengapresiasi langkah Dinas Pendidikan Kota Medan yang membuat Bimtek Jurnalistik menjadi kegiatan tahunan. Melalui Bimtek ini diharapkan siswa benar-benar memahami dan mengetahui kerja-kerja jurnalistik. “Point pentingnya mereka bisa semakin mahir dalam mengelola berita,” kata Arifin yang juga Dosen FKIP UMSUnya.

Sebelumnya pada tahun 2016, pelatihan ini diadakan di Hotel Polonia pada 25-26 Mei 2016 dan diikuti 55 sekolah.

Acara diisi pemateri seperti Rizal R Surya dan Muhammad Arifin dari Harian Analisa dengan topik Stright News, Feature dan Editorial, dan Nilai Orisinalitas dan Kreativitas Berita.

Pemateri lain di antaranya Eka Dalanata (Desain Perwajahan Bulletin Sekolah yang Menarik (Eka Dalanata), Komposisi Media Bentuk Buletin (Suyadi San, MHum).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Name *
Email *
Website