Observasi tentang Manajemen Pendidikan Mahasiswa FKIP UMSU ke SMK N 1 Beringin-01

Serunya Mahasiswa FKIP UMSU Observasi Manajemen Pendidikan ke SMK Negeri 1 Beringin

Observasi tentang Manajemen Pendidikan Mahasiswa FKIP UMSU ke SMK N 1 Beringin-04
“UMSU; Unggul, Cerdas dan Terpecaya”. Begitulah sebanyak 72 mahasiswa terdiri dari kelas II A Malam, Kelas II C dan D Pagi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dibimbing dosen pengampuh mata kuliah “Manajemen Pendidikan”, Muhammad Arifin, MPd bersama Kepala SMK Negeri 1 Beringin-Deli Serdang berteriak. Di akhir observasi mata kuliah “Manajemen Pendidikan” mahasiswa dan dosen bersemangat untuk mempromosikan UMSU.

Observasi ke SMK Negeri 1 Beringin di Jalan Pendidikan, Desa Kualanamu, Kecamatan Beringin-Deli Serdang dilaksanakan Sabtu (6/5). Observasi dilakukan untuk melihat praktik apik Manajemen Pendidikan secara langsung di sekolah dan memenuhi tugas mata kuliah Manajemen Pendidikan.

Observasi diterima Kepala SMK Negeri 1 Beringin, Ilyas, MPd, didampingi Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) bidang Kurikulum, Suharto, SPd, Wakasek bidang Kesiswaan, Supriaten, SPd dan diterima sejumlah staf dan guru serta kepala perpustakaan SMK Negeri 1 Beringin, Aminah Suharto, MPd.


Observasi tentang Manajemen Pendidikan Mahasiswa FKIP UMSU ke SMK N 1 Beringin-02Dosen pengampuh mata kuliah “Manajemen Pendidikan” Muhammad Arifin, MPd mengatakan, observasi ke SMK Negeri 1 Beringin dilakukan untuk melihat secara langsung praktik apik Manajemen Pendidikan. Apalagi dalam mata kuliah Manajemen Pendidikan ada dibahas Kepemimpinan Pendidikan. Makanya, dengan turun langsung ke sekolah mahasiswa jadi memahami bagaimana pelaksanaan Manajemen Pendidikan yang baik dan bagaimana kepemimpinan pendidikan. “Mahasiswa mendapat ilmu langsung dari kepala sekolah yang merupakan ‘pelaku’ dalam mengelola manajemen pendidikan. Penjelasan kepala sekolah dinilai sangat berharga nilai dalam mata kuliah ini. Belum lagi dengan melihat bagaimana penataan SMK Negeri 1 Beringin yang berhasil meraih sekolah adiwiyata nasional dan adiwiyata mandiri,” katanya.

Selain observasi ke SMK Negeri 1 Beringin, sebelumnya mahasiswa juga melaksakan observasi di berbagai sekolah. Nantinya hasil observasi akan menjadi bahan pembuatan mini research. Harapannya, mahasiswa dapat melakukan perbandingan dari kedua sekolah yang dikunjung. “Pihak FKIP UMSU mengucapakan terimakasih kepada SMK Negeri 1 Beringin, dan sekolah-sekolah lain yang menerima observasi mahasiswa FKIP UMSU. Semoga kerjasama ini terus terjalin dengan baik,” ucap Muhammad Arifin.

Observasi tentang Manajemen Pendidikan Mahasiswa FKIP UMSU ke SMK N 1 Beringin-01

Kepala SMK Negeri 1 Beringin, Ilyas MPd mengucapkan terimakasih. Di hadapan mahasiswa, dirinya menjelaskan pelaksanaan Manajemen Pendidikan yang baik. Salah satunya bagaimana menanamkan pendidikan karakter siswa untuk mencintai lingkungan yang bersih. “Ketika pendidikan karakter ditanamkan, diikuti dengan teladan kepala sekolah, guru dan warga sekolah. Maka, apa yang diinginkan akan tercapai. Ketika siswa tidak membuang sampah sembarangan, maka tidak akan ada sampah berserakan,” katanya.

Tentang tenaga pendidik, Ilyas berharap mahasiwa FKIP UMSU memiliki semangat yang kuat untuk menjadi calon guru yang baik. Calon guru dari FKIP UMSU harus bekerja dengan ikhlas dan penuh dedikasi serta mengorbankan segala pikiran untuk kemajuan pendidikan. “Kalau hanya mengajar 24 jam saja itu belum menjadi guru yang baik, tapi kalau sudah ikut memikirkan bagaimana memajukan anak didik, dan kemajuan sekolah. Maka, sudah menjadi guru yang baik,” ucapnya.

Usai penyambutan dan ucapan selamat datang. Seluruh mahasiswa melakukan observasi dipandu kepala sekolah dan wakasek. Mahasiswa diperlihatkan penataan sekolah yang baik, indah, tertata rapi. Melihat fasilitas, green house, bank sampah, sangkar burung dan kolam ikan. Mahasiswa juga diperlihatkan fasilitas hotel yang dikelola SMK Negeri 1 Beringin. Acara diakhiri dengan foto bersama. (muhammad arifin)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Name *
Email *
Website