Ngeblob

Cerita Workshop Pembelajaran APIK

Juli 2017 lalu. Guru-guru sudah berkumpul di ruangan kelas. Suasana masih musim libur sekolah. Tetapi, guru-guru dari Yayasan Pendidikan Bina Satria Mulia disibukkan dengan persiapan Workshop. Kali ini bertema “Workshop Pembelajaran APIK (Aktif, Produktif, Kreatif dan Inovatif).

Acara diisi pemateri saya dan teman, Rini Ekayati, SS, MA (dosen FKIP UMSU). Diawali sambutan Ketua Yayasan Zulaspan Tupti. Dia mengatakan komitmen YP Bina Satria Mulia di sam­ping peningkatan infrastruktur, sarana dan prasarana, berkomitmen peningkatan SDM guru sehingga nan­tinya sumber daya lulusan bisa lebih baik.
Ada dua kunci keber­ha­­silan sebuah perguruan pendidikan, infrastruktur yang memadai dan kua­litas pembelajaran yang dilak­sa­nakan.

Kualitas pem­belajaran tidak terlepas dari sumber daya yang mengajar. Maka, memasuki tahun 2017 -2018 kita berkeinginan pe­­ning­katan guru terus dilakukan de­ngan menyelenggarakan workshop pem­belajaran APIK. Tujuannya tidak lain dalam rangka meningkatkan kua­litas pembelajaran. Dalam workshop ini guru dilatih untuk berani bagaimana mengelola kelas dan menerapkan model dan metode. Keberanian guru tentunya akan menentukan keaktifan kelas.
Saat pelatihan, guru-guru juga melakukan simulasi pembelajaran metode Fish Bowl dan Snowball Throwing. Guru-guru juga mengenakan rompi. Suasana semakin riuh ketika guru-guru melakukan aksi lempar pertanyaan dalam bentuk bola kertas. Hasilnya, guru-guru juga menulis pengalaman mereka dalam blog (sebagai produk) selama pelatihan. Berikut foto dan blog para guru yang coba kami share;

  1. Cerita Kursi Keramat
  2. Cerita Aqua yang terus berinovasi
  3. Baru Pertama kenal Metode Fish Bowl
  4. Miliki Blog sendiri

Pembelajaran APIK 2

Ngeblob

Sulap

foto bersama

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Name *
Email *
Website