Mahasiswa sedang berpasangan berbagi tentang topik pembahasan

Metode Think Pair Share pada Mata Kuliah Kurikulum dan Pembelajaran

20171011_105107
Mahasiswa Kelas III D Pagi Pendidikan Bahasa Inggris saat sedang membaca (Think)

Mengajar mahasiswa tentunya tidak boleh hanya mengandalkan satu metode saja. Tetapi, harus kreatif dan terampil dalam merancang aktivitas pembelajaran. Jika memungkinkan mahasiswa harus terlibat secara penuh dalam belajar sepanjang waktu yang ditentukan.

Kondisi ini tentunya membuat mahasiswa tidak bosan. Perlu diketahui, mahasiswa merasa bosan jika metode mengajar yang digunakan dosen tidak bervariasi. Di sini saya mencoba berbagi dengan pembelajaran berpasangan menggunakan metode Think Pair Share (Berpikir, Berpasangan dan Berbagi).

Adapun langkah yang saya gunakan di Semester III FKIP UMSU yakni;

  1. Menyampaikan inti materi dan kompetensi yang ingin dicapai mahasiswa.
  2. Mahasiswa diminta untuk berpikir tentang materi (Saya mencoba gaya belajar membaca (reading). Dalam kurun waktu 15 menit saya minta mahsiswa untuk membaca buku yang dimiliki.
  3. Usai berpikir (Think) dengan membaca materi, langkah selanjutnya mahasiswa diminta untuk mencari pasangannya. “Pegang erat pasangan Anda,” begitulah saya memastikan mereka memiliki pasangan yang sesuai dengan hati. Di langkah berpasangan tersebut, saya meminta agar mahasiswa mengutarakan hasil pemikiran dari buku yang dibaca atau materi yang mereka kuasai. Hal ini dilakukan secara bergantian.
  4. Usai lancar menyampaikan materi bersama teman pasangannya. Dosen mengarahkan dengan membagi dua kelompok besar. Selanjutnya, setiap pasangan diminta satu mewakili untuk menyampaikan hasil yang pemikirannya dari buku yang dibaca di depan teman sekelasnya.
  5. Dari pemaparan siswa tersebut, akhirnya diperoleh seluruh mahasiswa mendapat pengetahuan tentang materi baik secara langsung dari bahan yang dibaca maupun penyampaian teman-temannya saat Sharing.
  6. Penjelasan mahasiswa dikoreksi dan dosen pun menutup dengan penguatan atau kesimpulan.

Berikut foto-foto aktivitasnya Metode Think, Pair, dan Share.

20171011_121828
Mahasiswa Kelas III C Pendidikan Bahasa Inggris sedang membaca (Think)
Mahasiswa sedang berpasangan berbagi tentang topik pembahasan
Mahasiswa sedang berpasangan berbagi tentang topik pembahasan (Pair)
Share (Berbagi)
Seorang mahasiswi (Leni) sedang menyampaikan materi (berbagi) pada penerapan Metode Think Pair Share di Kelas III C Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UMSU

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Name *
Email *
Website