pantai labu

RPS dan Kontrak Kuliah Kurikulum dan Pembelajaran 2018

pantai labuTidak bisa dibantah, jika ingin maju sebuah negara tentunya pendidikan harus maju. Untuk pendidikan, salah satu yang paling penting dibenahi agar maju yakni sistem kurikulumnya. Tetapi, sebagus apapun kurikulumnya, sistemnya, harus dibarengi dengan gurunya yang mampu mengimplementasikan kurikulum tersebut. Di sinilah peran calon guru untuk bisa menjadi yang terbaik agar bisa mengimplementasikan kurikulum tersebut. Jika dilihat dari sejarah dan sejumlah referensi yang dibaca Kurikulum di Indonesia sudah diberlakukan sudah hampir 11 kali, yang terbagi dalam tiga pase besar, Kurikulum Pendidikan Pra Kemerdekan, Kurikulum Pendidikan Pasca Kemerdekaan dan Era Reformasi (Idi dalam Imam Machali dan Arah Hidayat, 2018: 428).

Pada masa Pra Kemerdekaan pendidikan di Indonesia dipengaruhi oleh penjajahan, dimana kebijakan dan praktik pendidikan dikelola dan dikendalikan oleh penjajah. Terdapat dua model pendidikan pada masa kolonial ini yaitu, pertama sekolah Kelas Dua yang diperuntukan bagi anak pribumi dengan lama pendidikan tiga tahun. Kurikulum yang diajarkan meliputi berhitung, menulis dan membaca. Kedua, Sekolah Kelas Satu yang diperuntukan bagi anak pegawai pemerintahan Hindia Belanda. Lama pendidikan empat tahuh, kemudian lima tahun dan terakhir tujuh tahun. Kurikulum diajarkan, meliputi ilmu bumi, sejarah, dan ilmu hayat (Idi dalam Imam Machali dan Arah Hidayat, 2018:424-427). Sedangkan pada masa pendidikan menengah didirikan gymnasium yang siswanya hanya dari golongan ningrat. Masa belajar pendidikan ini berlangsung tiga tahun. Kemudian model pendidikan gymnasium berubah menjadi MULO (Meer Uifgebried Order Wijs) yang lama pendidikan empata tahun.

Adapun pada jenjang pendidikan tingkat atas, Belanda mendirikan AMS (Algemene Midlelbare School). Lama pendidikan ini berlangsung selama tiga tahun yang terbagi dalam bagian A dan bagian B. Bagian A meliputi ilmu kebudayaan yakni kesastraan timur, dan kesastraaan klasik barat. Sedangkan Bagian B pelajarannya adalah ilmu pengetahuan keala,man yang meliputi ilmu pasti dan ilmu alam. Ketika penjajahan beralih ke Jepang kurikulum pendidikan dikenal dengan sebutan Kokumin Gakoi dengan lama pendidikan enam tahun. Kurikulum ini lebih menitikberatkan pada olahraga kemiliteran yang bertujuan membantu pertahanan Jepang.

Itulah ringkasan sejarah kurikulum yang bisa diambil dari buku “The Hand Book of Education Management” edisi kedua yang diterbitkan Kencana. Dikaji secara makna harfiah, istilah “Kurikulum” muncul pertama kali di Skotlandia sekitar tahun 1829, secara resmi istilah ini baru dipakai hampir satu abad kemudian di Amerika Serikat (Wiles & Bondi dalam Ansyar, 2017:24).

Defenisi yang paling popular kurikulum sebagai rancangan (plan) untuk mencapai tujuan pendidikan (Ornstein & Hunk dalam Ansyar, 2017:26). Dari defenisi tersebut perlu diklasifikasi bahwa kurikulum sebagai rancangan pembelajaran. Kurikulum bukan hanya membuat rancangan tertulis saja, tetapi yang penting adlaah harus membuahkan pengalaman belajar siswa setelah rancangan itu diimplementasikan dalam proses pembelajaran di sekolah.

Untuk mengimplementasi dari rangakaian penjelasan tersebut di atas, maka di sini saya melampirkan rancangan pembelajaran berupa Rencana Pembelajarna Semester (RPS) mata kuliah Kurikulum dan Pembelajaran.  Dengan harapan bisa menjadi pedoman bagi mahasiswa untuk belajar dan pedoman dosen untuk mengajar. Berikut RPS, kontrak kuliah dan tugas-tugas Kurikulum dan Pembelajaran tahun 2018

RPS KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN TAHUN 2018

KONTRAK KULIAH, TAGIHAN TUGAS MATA KULIAH KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN 2018

Daftar Pustaka

  1. Ansyar, M. (2017). Kurikulum; Hakikat, Fondasi, Desain dan Pengembangan . Jakarta : Kencana .
  2. Imam Machali, d. A. (2018 ). The Hand Book of Education Management . Jakarta : Prenadamedia Group

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Name *
Email *
Website