Bangga Berkarya

KONTRAK KULIAH DAN RPS MANAJEMEN PENDIDIKAN TAHUN 2019

Bangga BerkaryaBEBERAPA ahli menjelaskan tentang defenisi manajemen. Namun, untuk memahami defenisi manajemen sepertinya harus ditinjau dari segi semantic. Kata manajemen yang umumnya digunakan saat ini berasal dari kata kerja to manage yang berarti mengurus, mengatur, mengemudikan, mengendalikan, menangani, mengelola, menyelenggarakan, menjalankan, melaksnakan dan memimpin. Kata management berasal dari bahasa Latin, yaitu MANO yang berarti tangan, menjadi MANUS berarti bekerja berkali-kali dengan menggunakan tangan, ditambah imbuhan AGERE yang berarti melakukan sesuatu, sehingga menjadi MANAGIARE yang berarti melakukan sesuatu berkali-kali dengan menggunakan tangan. (Ukas dalam Imam Machali dan Ara Hidayat, 2018,1).

Penggunaan kata MANAGGIO dalam bahasa Italia pada mulanya ditujukan untuk melatih kuda agar kuda yang dilatih tersebut dapat melakukan apa yang diperintahkan oleh pelatihnya. Sehingga maksud kata MANAGE adalah sautu pertunjukkan kuda, sebagaimana dalam sirkus-sirkus yang dipertunjukkan. Atraksi kuda dan jokinya yang indah dan menarik tidak lepas dari peranpelatih sebelum pertunjukkan.

Dalam bahasa Perancis, kata MANAGE berarti tindakan untuk membimbing  atau memimpin. MANAGER berarti Pembina yang melakukan tindakan pengendalian dan pengarahan dari suatu rumah tangga dengan berbbuat ekonomis hingga mencapai tujuan. Pengertian rumah tangga di sini adalah luas yaitu mencakup rumah tangga perusahaan, rumah tangga pemerintah dan lain-lain. (Imam Machali dan Arah Hidayat, 2018, 1-2)

Defenisi lain yang penulis buat dan diterbitkan dalam buku “Majemen Pendidikan Masa Kini” menjelaskan defenisi manajemen dari beberapa sumber yakni  Secara etimologi, kata manajemen berasal dari Bahasa Inggris; MANAGEMENT.  Akar kata tersebut berasal dari; MANAGE, atau managiare yang memiliki makna; melatih kuda dalam melangkahkan kakinya. (Echolas dalam Masyhud, 2014).

Pengertian lain dari manajemen berdasarkan Encyclopedia Americana, 1978m p.171 dalam Mustari 2015 menguraikan, manajemen berasal dari bahasa Inggris “administration” sebagai the management of executive affairs. Dengan batasan pengertian seperti ini maka manajemen disinonimkan dengan “management” suatu pengertian dalam lingkup yang luas. Dalam pengertian ini, management bukan hanya pengaturan yang terkait dengan pekerjaan tulis menulis, tetapi pengaturan dalam arti luas.

Dari defenisi di atas tentunya masih banyk lagi defenisi menurut para ahli. Namun, kajian tersebut akan dibahas dalam kelas nantinya khususnya bagi mahasiswa Program Studi PPKN (Semester IIA Pagi), Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (Kelas II A Siang, dan II A Malam), serta Kelas II A Pagi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Berikut saya lampirkan Kontrak Kuliah dan RPS untuk dipahami materi apa saja yang dibahas.

Untuk Mahasiswa Prodi PPKN

1.RPS Manajemen Penddikan 2019 (Prodi PPKN)

2.KONTRAK KULIAH Manajemen Pendidikan 2019 (Prodi PPKN-Baru)

Untuk Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris

1.RPS Manajemen Penddikan 2019 (Pendidikan Bahasa Inggris)

2.KONTRAK KULIAH Manajemen Pendidikan 2019 ( Prodi Pendidikan Bahasa Inggris-Baru)

Untuk Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 

1.RPS Manajemen Penddikan 2019 (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia)

2.KONTRAK KULIAH Manajemen Pendidikan 2019 ( Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-Baru)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Name *
Email *
Website